Sistematika Pembuatan Buku

 

Belajar Menulis Gelombang 17

  • Pertemuan Ketujuh : Senin, 18 Januari 2021
  • Waktu : 19:00 s/d 21:00 WIB
  • Pemateri : Noralia Purwa Yunita, M.Pd
  • Moderator : Aam Nurhasanah
  • Topik : Produktif Menulis Buku
  • Peresume : Thoriq Hidayah, S.Pd.I (thoriqhidayah87@gmail.com)

Malam ini kita kedatangan tamu di Whatss App Group (WAG), seorang penulis hebat kelahiran Kudus dan saat ini sebagai pengajar di SMP Negeri 8 Semarang. Beliau adalah Noralia Purwa Yunita, M.Pd. Kerap dipanggil dengan sebutan Bu Nora. Beliau juga merupakan alumnus Diklat Belajar Menulis Bersama Om Jay gelombang 8.

Beliau mengawali menulis buku ketika adanya wabah Covid-19 bulan April 2020 tahun kemarin. Hingga akhir tahun 2020 kemarin beliau telah berhasil menerbitkan 4 Buku solo dan 4 Buku Antologi. Berikut hasil karyanya:






Kesuksesan beliau tidak serta merta datang begitu saja akan tetapi semua diperoleh dengan usaha yang keras. Beliau berbagi Tips Menghasilkan Karya Dalam Waktu Singkat, diantaranya:

  • Mengikuti program menulis antologi atau kolaborasi
  • Menulis setiap hari di blog
  • Menulis di media sosial
  • Menulis buku harian
  • Mengajak siswa untuk menulis

Beliau juga berbagi Cara Penulisan Buku yang baik dan benar. Cara ini, beliau dapat dari buku UKTUB karya Bp. Akbar Zainuddin. Beliau menyingkatnya dengan "TOJTRP".

1. Tema.
2. Outline / TOC/ Daftar isi.

Ada beberapa alasan pentingnya pembuatan daftar isi:

  • Daftar isi merupakan kerangka pikiran kita dalam menuangkan setiap ide dalam buku yang akan kita tulis.
  • Membantu menjabarkan tiap bab dan sub bab dalam buku.
  • Kita dapat mengetahui awal dan akhir dari buku kita melalui daftar isi ini.
  • Membantu kita dalam mencari referensi / pustaka yang kita butuhkan.
  • Agar tulisan dalam buku kita lebih terfokus dan tidak sampai keluar bahasan / topik.
  • Dan yang paling penting, adanya daftar isi ini akan membantu kita untuk menjadwalkan kapan buku kita harus selesai. Dengan kata lain target waktu selesainya buku.
Adapun cara membuat daftar isi untuk karya NON FIKSI adalah dengan menerapkan 2W+1H. 
  • WHAY. (MENGAPA). Berisi Sebab, Pentingnya dan Alasannya).
  • WHAT (APA). Artinya bab tersebut menjelaskan pengertian, jenis, atau mungkin ciri khusus dari apa yang akan kita tulis di buku kita.
  • HOW (BAGAIMANA). Meliputi tahap pembuatan, pelaksanaan, penerapan, hasil dan kelebihan serta kekurangan. 

Sedangkan untuk NASKAH FIKSI seperti novel, cara membuat daftar isi, diantaranya:

  • Tentukan prolog. Biasanya pengenalan tokoh, setting cerita, awal cerita. Biasanya di prolog ini belum ada konflik, alur juga belum terlalu terlihat karena masih merupakan bagian awal dari cerita.
  • Tentukan konflik cerita. Biasanya di bab2 pertengahan sudah mulai muncul apa yang menjadikan konflik atau permasalahan dari cerita itu. Ini merupakan bab inti karena di dalamnya ada hikmah yang dapat diambil dari pembaca.
  • Tentukan klimaks dari konflik. Ini biasanya masih ada di bab pertengahan yang merupakan puncak dari konflik yang terjadi. 
  • Tentukan solusi dari konflik yang ada. Ini merupakan bagian bab sebelum akhir bab. Biasanya penulis menyajikan solusi permasalahan dari konflik yang terjadi, jalan keluar, adanya hikmah dan pesan kepada pembaca.
  • Tentukan epilog yang merupakan akhir dari cerita. Bagian ini merupakan bab penutup dari cerita di naskah fiksi.

3. Jadwal

Jadwal kita tentukan berdasarkan outline yang kita buat. Misalnya kita ingin 1 bulan selesai sementara kita memiliki 5 bab di outline kita, maka tinggal dibagi saja waktu 1 bulan itu dengan 5 bab Hasil itu adalah waktu kita menyelesaikan buku 5 Bab dalam 1 bulan.

4. Tulis

Setelah outline oke, jadwal fixed , referensi siap,, tinggal menulis sesuai dengan outline yang kita buat.

5. Revisi

Revisi dapat dilakukan dengan swaeditinva atau dengan bantuan. Lebih baik jika meminta bantuan karena ini sangat berguna untuk.menemukan kesalahan dalam penulisan buku saya, baik dalam hal EYD, struktur kalimat atau pemilihan kosa kata. Dengan demikian, hasil buku kita akan lebih renyah ketika dibaca.

6. Penerbit

Setelah semua beres, naskah lengkap sudah editing, pelengkap naskah sudah oke,,tinggal memasukkan ke penerbit. Boleh penerbit mayor atau indie.

Kesimpulan dari pertemuan malam ini: Bahwasannya dalam membuat sebuah buku hendaklah menggunakan metode TOJTRP (Tema, Outline, Jadwal, Tulis, Revisi dan Penerbit).



Sistematika Pembuatan Buku Sistematika Pembuatan Buku Reviewed by ThoriQ HidayaH's BLOG on 1/19/2021 10:50:00 AM Rating: 5

8 komentar:

  1. Waah mntap pa. Lengkap, sempurna dan rapih tulisannya. Good job. Lanjutkan!

    BalasHapus
  2. siap...terima kasih pak nana atas supportnya. jazakallah ahsanal khoiran katsiron.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Matur suwun bunda Gisya...semangat juga bun buat semua temen gel. 17 belajar menulis bersama Om Jay

      Hapus
  4. Balasan
    1. Matur suwun dorongan dan supportnya pak Yul...Salam Literasi

      Hapus

Perhatian:
Kami sangat menghargai setiap komentar yang anda berikan, akan tetapi demi kebaikan bersama silakan menuliskan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Terima Kasih


Diberdayakan oleh Blogger.
Red Pointer